PRODI KEPERAWATAN UNIMUS SIAP MENGAWAL DESA SIAGA SEHAT JIWA KABUPATEN MAGELANG

DESA SIAGA SEHAT JIWA KABUPATEN MAGELANG
DESA SIAGA SEHAT JIWA KABUPATEN MAGELANG

Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP dan Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) yang diwakili oleh Wakil Rektor I Dr Nurrahman meresmikan deklarasi kader Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ) di Desa Banyuroto Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, Sabtu 5 Desember 2015. Hadir pula Muspika Kabupaten Magelang, Bapak Camat, Kepala Desa berserta 80 kader DSSJ dan warga, sedangkan dari UNIMUS ikut menghadiri adalah Dekan FIKKES Edy Soesanto, M.Kes, Ns. M. Fatkhul Mubin M.Kep Jiwa selaku inisiator dan fasilitator DSSJ, serta beberapa dosen dan mahasiswa.

PRODI KEPERAWATAN UNIMUS SIAP MENGAWAL DESA SIAGA SEHAT JIWA KABUPATEN MAGELANG
Sambutan Wakil Rektor 1

DSSJ di Desa Banyuroto sudah dirintis oleh UNIMUS sejak tahun 2010 pasca erupsi Gunung Merapi, oleh tim keperawatan Jiwa Fikkes Unimus yang dimotori oleh dosen prodi Ners Ns. M. Fatkhul Mubin M.Kep Jiwa. Desa Siaga Sehat Jiwa Desa Banyuroto Ketep menjadi desa percontohan pertama di Jawa Tengah dan ketiga di Indonesia, dimana kegiatan rutin berupa pelatihan sudah bisa dilaksanakan rutin 2 bulan sekali oleh Tim dari Keperawatan UNIMUS. Inisiator DSSJ  Ns. M. Fatkhul Mubin M.Kep Jiwa  menyampaikan “Masyarakat sekarang sudah mandiri dalam penangangan kesehatan dasar seperti mengatasi kaki terkilir, tersedak, kena racun ular. Baru jika ada penanganan lanjut dirujuk ke Puskesmas dan Rumah Sakit,”. Menariknya, menurut Dekan FIKKES Edy Soesanto M.Kes, masyarakat yang menghendaki sendiri kegiatan Deklarasi DSSJ dengan menghadirkan Bapak Bupati. Demikian juga dukungan dari Kades dengan bantuan stimulan Rp 150 ribu tiap bulan tiap kelompok.

Sejak tahun 2010 kegiatan tridarma perguruan Tinggi rutin dilakukan di Desa Banyuroto Ketep dengan melibatkan kader DSSJ. Kegiatan tersebut antara lain praktik klinik, pengabdian masyarakat, penelitian dan melibatkan kader DSSJ dalam kegiatan kesehatan Jiwa seperti peringatan kesehatan Jiwa Nasional.